Break Your Limit with Your Creativity

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Kegiatan PKM ini berfokus pada kreatifitas yang merupakan penjelmaan dari tiga faktor utama dalam diri manusia, yaitu pikiran, perasaan, dan keterampilan. Untuk memperkenalkan mahasiswa tentang kegiatan PKM, pada Sabtu, 7 November 2020, Himpunan Teknik Elektro S-1 (HME) ITN Malang mengadakan acara seminar PKM dengan menggunakan platform Zoom. Acara tersebut bertema “Break Your Limit With Your Creativity” diisi oleh satu orang pemateri, dan dua orang mahasiswa yang telah memiliki pengalaman mengikuti kegiatan PKM hingga berhasil lolos di tingkat nasional. Pemateri tersebut adalah:

  1. Bapak Drs. Sumanto, M.Si.
  2. Yajit Abustomi
  3. Bagus Saputra

Bapak Sumanto menyampaikan materi tentang ragam jenis dari Program Kreativitas Mahasiswa yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa yang terdiri dari PKM-K, PKM-M, PKM-T, serta PKM-KC.

Saudara Yajit menyampaikan materi dan pengalaman beliau saat mengikuti PKM hingga tingkat nasional (PIMNAS) dengan membawa judul PKM “Alat Pembersih Karpet Berbasis PLC” seperti terlihat

Saudara Bagus menjelaskan tentang ragam jenis dari PKM yang lebih mendalam, serta membagikan pengalaman saat aktif melaksanakan PKM beberapa waktu lalu lihat Gambar 2.

Acara seminar PKM pada kali ini dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan acara pertama menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya, lalu dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Bapak Sotyohadi, S.T., M.T. selaku Sekretaris Program Studi dan beliau mewakilkan Ketua Program Studi Teknik Elektro S-1 ITN Malang yang sedang berhalangan hadir pada acara hari itu. Selanjutnya penyampaian materi oleh narasumber dan mahasiswa yang berpengalaman saat melaksanakan kegiatan PKM, kemudian dilanjut dengan sesi diskusi tanya jawab antara peserta dengan para narasumber lihat

Setelah mengenal kegiatan PKM tersebut, diharapkan jiwa-jiwa kreatif dapat tumbuh pada tiap mahasiswa khususnya Teknik Elektro S-1 ITN Malang. Ayo segera realisasikan idemu melalui kegiatan PKM ini. Break your limit with your creativity!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *