Elektronika Analog

Laboratorium Elektronika Analog dan Instrumentasi Institut Teknologi Nasional Malang adalah salah satu dari sekian banyak laboratorium yang dimiliki oleh Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Malang. Laboratorium ini digunakan dan di khususkan untuk segala aktivitas kemahasiswaan dalam hal ini kegiatan praktikum , pembelajaran,  penelitian, untuk mahasiswa Teknik Elektro ITN Malang, baik S1 maupun D3.

Laboratorium Elektronika Analog dan Instrumentasai

Laboratorium Elektronika Analog

Secara struktural Elektronika Analog dan Instrumentasi ITN Malang ini di kepalai oleh seorang Kepala Laboratorium, yakni Bapak M. Ibrahim Ashari ST, MT dan dibantu oleh pengajar dan instruktur laboratorium yang berjumlah 9 Mahasiswa dari berbagai latar belakang kosentrasi di jurusan Teknik Elektro.

Kepala Laboratorium

Kepala Laboratorium

Laboratorium Elektronika Analog dan Instrumentasi  ini mencakup beberapa hal yang berkaitan dengan bidang teknik elektronika, dan instrumentasi seperti pengaplikasian sensor dalam industri dan analisa perhitungan rangkaian elektronika, aplikasi dan analisa Oprasional Amplifier, Aplikasi Comparator dan analisa perhitungan Comparator, Penggeser Fasa dll. Pengaplikasian Termocople, sensor proximity, sensor Rotary Encoder, sensor Gas, aplikasi sensor Limit Switch dll.

Praktikum yang berlangsung pada Laboratorium Elektronika Analog dan Instrumentasi :

PRAKTIKUM ELEKTRONIKA ANALOG

Adalah praktikum yang mempelajari / membahas meliputi :

  • Membuktikan secara eksperimental bahwa gain dari operational amplifier (op-amp) dapat dibuat hanya tergantung pada external negative feedback loop dari output ke input.
  • Mengoperasikan fungsi op amp sebagai inverting amplifier. Mengoperasikan fungsi op amp sebagai non inverting amplifier.
  • Mengoperasikan op amp sebagai penguat penjumlah. Mengoperasikan op amp sebagai penguat differensial Mengoperasikan op amp sebagai komparator.
  • Diharapkan setelah melalui praktikum ini mahasiswa dapat memahami dasar sistem rangkaian elektronika analog mengoperasikan alat ukur elektronika kemudian mahasiswa dapat merancang dan menganalisa rangkaian ektronika.Memahami prinsip kerja rangkaian penggeser fasa dan Dapat membuktikan secara experimental rangkaian penggeser fasa Dapat menganalisa penggeseran fasa dengan op-amp.
  • Mengetahui jenis dan prinsip kerja dari Low-Pass filter, High-Pass filter dan  Band-Pass Filter,  serta dapat menggunakan aplikasi rangkaian Filter Aktif.

PRAKTIKUM ELEKTRONIKA ANALOG Adalah praktikum yang mempelajari / membahas meliputi :  Membuktikan secara eksperimental bahwa gain dari operational amplifier (op-amp) dapat dibuat hanya tergantung pada external negative feedback loop dari output ke input.  Mengoperasikan fungsi op amp sebagai inverting amplifier. Mengoperasikan fungsi op amp sebagai non inverting amplifier.  Mengoperasikan op amp sebagai penguat penjumlah. Mengoperasikan op amp sebagai penguat differensial Mengoperasikan op amp sebagai komparator.  Memahami prinsip kerja rangkaian penggeser fasa dan Dapat membuktikan secara experimental rangkaian penggeser fasa Dapat menganalisa penggeseran fasa dengan op-amp.  Mengetahui jenis dan prinsip kerja dari Low-Pass filter, High-Pass filter dan Band-Pass Filter, serta dapat menggunakan aplikasi rangkaian Filter Aktif. Diharapkan setelah melalui praktikum ini mahasiswa dapat memahami dasar sistem rangkaian elektronika analog mengoperasikan alat ukur elektronika kemudian mahasiswa dapat merancang dan menganalisa rangkaian ektronika.

Praktikum Elektronika Analog

PRAKTIKUM SENSOR DAN TRANDUSER

Adalah praktikum yang mempelajari / membahas meliputi :

  • Sensor Temperatur : Mempelajari cara mengukur temperature suhu dalam Celcius dengan thermokopel kemudian Memahami karakteristik kurva NTC dan PTC thermistor dan Memahami karakteristik semikonduktor P-N junction.
  • Sensor Putaran : Untuk mempelajari pendeteksian arah dan pengukuran kecepatan dengan menggunakan encoder putaran dan Mengukur RPM dan posisi sudut dari motor menggunakan encoder putaran.
  • Sensor Switch : Memahami sifat dari reed switch dan aplikasinya dalam dunia industri, Mencoba percobaan tentang sifat- penggunaan dari sebuah mercury switch, Melakukan sifat dari sebuah limit switch.
  • Sensor Gas : Memahami serta mempelajari karakteristik sensor gas yang menggunakan bahan semikonduktor dan aplikasi penggunaan sensor gas dari bahan semikonduktor itu kedalam rangkaian elektronika. Serta mempelajari prinsip kerja dari aplikasi sensor gas kedalam piranti alarm gas elektronik

Diharapkan setelah selesai praktikum ini dapat memberikan bekal kepada mahasiswa pengetahuan dan keterampilan praktis penggunaan sensor dan tranduser dibidang elektronika.

Praktikum Sistem Instrumentasi Industri

Praktikum Sensor dan Transduser

PRAKTIKUM INSTRUMENTASI MEDIKA

Adalah praktikum yang mempelajari / membahas meliputi :

  • Cardio Frequency Meter :  Memahami prinsip kerja jantung
  • Amplifier :  Mempelajari peran amplifier dalam instrumentasi biomedika dan karakteristik sinyal biomedika.
  • Filter :  Memahami pinsip kerja filter aktif dalam bidang biomedika.

Diharapkan setelah selesai praktikum ini dapat memberikan bekal kepada mahasiswa pengetahuan dan keterampilan praktis dibidang instrumentasi medika.

Praktikum Instrumentasi Medika

Praktikum Instrumentasi Medika