Konversi Energi Elektrik

Laboratorium Konversi Energi Elektrik Institut Teknologi Nasional Malang adalah salah satu dari sekian banyak laboratorium yang dimiliki oleh Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Malang. Laboratorium ini digunakan dan di khususkan untuk segala aktivitas kemahasiswaan dalam hal ini kegiatan praktikum, pembelajaran,  penelitian, dan pelatihan untuk mahasiswa Teknik Elektro ITN Malang, baik  untuk program studi S1 maupun D3.

Secara struktural Laboratorium Konversi Energi Elektrik ITN Malang ini di kepalai oleh seorang Kepala Laboratorium yakni Bapak Ir. M. Abdul Hamid, MT dan dibantu oleh pengajar dan instruktur laboratorium yang berjumlah 10 orang dari berbagai latar belakang kosentrasi di jurusan Teknik Elektro.

Laboratorium Konversi Energi Elektrik  ini mencakup beberapa hal yang berkaitan dengan bidang teknik konversi energi listrik seperti :

  1. Pengoperasian motor induksi tiga fasa, motor induksi satu fasa, dan motor DC yang meliputi pengasutan motor induksi, pengaturan kecepatan, serta pengereman motor induksi.
  2. Konversi generator sinkron yang meliputi cara pengoperasian generator singkron dan sinkronisasi antara tegangan generator dengan tegangan suplay dari PLN.
  3. Transformator Daya yang meliputi menentukan Polaritas pada Transformator Daya, Percobaan Transformator berbeban dan Hubugan transformator tiga fasa
  4. Elektronika Daya yang mana meliputi percobaan Pulse Width Modulation (PWM), Silicon Controller Rectifier (SCR), Dioda, dan PEngaturan Kecepatan Motor DC

Praktikum yang berlangsung pada Laboratorium Kendali ini meliputi :

  • Praktikum Dasar Konversi Tenaga Elektrik
  • Praktikum Mesin Elektrik
  • Praktikum Elektronika Daya

Praktikum Dasar Konversi Tenaga Elektrik

Pada praktikum ini peserta praktikum mempelajari beberapa dari konversi energi listrik, seperti :

  • Motor Induksi
  • Generator Sinkron
  • Transformator Daya

Pada Percobaan Motor Induksi ini, akan mempelajari bagamana cara pengoperasian motor induksi berbeban dan tanpa beban, sehingga di ketahui perbandingan antara kecepatan motor induksi, torsi motor induksi, dan pengereman motor induksi.

Percobaan Motor AC

Percobaan Motor Induksi

Pada Percobaan Generator Sinkron ini, akan mempelajari bagaimana cara menentukan pengukuran frekuensi dan tegangan terminal generator tanpa beban pada putaran konstan, pengukuran frekuensi dan tegangan terminal generator tanpa beban pada field konstan, pengukuran arus beban, daya arus penguatan generator sinkron berbeban pada tegangan terminal dan putaran konstan.

Percobaan Generator AC

Percobaan Generator Sinkron

Pada Percobaan Transformator ini, akan mempelajari bagaimana cara pengukuran polaritas transformator, pengukuran transformator tanpa beban, pengukuran transformator tanpa beban, pengukuran transformator berbeban, pengukuran hubungan tranformator 3 phasa.

Percobaan Transformator

Percobaan Transformator

Praktikum Mesin Elektrik

Pada praktikum ini peserta praktikum mempelajari tentang pengoperasian mesin listrik, seperti :

  • Pengoperasian Motor Induksi
  • Pengoperasian Generator Sinkron
  • Penggunaan Transformator Daya

Pada percobaan Pengoperasian Motor Induksi ini, akan mempelajari bagamana cara pengasutan motor dengan menggunakan tahanan luar,  pengasutan motor dengan start delta, pengaturan kecepatan, pengukuran motor induksi 3 fasa berbeban.

Pengoperasian Motor Induksi

Percobaan Pengoperasian Motor Induksi

Pada percobaan Pengoperasian Generator Sinkron ini, akan mempelajari bagaimana cara sinkronisasi generator.

Pengoperasian Generator Sinkron

Percobaan Pengoperasian Generator Sinkron

Pada percobaan Transformator ini, akan mempelajari bagaimana cara pengukuran polaritas transformator, pengukuran transformator tanpa beban, pengukuran transformator tanpa beban, pengukuran transformator berbeban, pengukuran hubungan tranformator 3 phasa. Setelah melakukan praktikum, peserta praktikum mengerjakan laporan dari hasil percobaan yang telah dilakukan.