Latar Belakang

Program Studi Teknik Elektro S-1 ITN Malang berdiri berdasarkan SK DIKTI No.:070/0/1985 tertanggal 18 Februari 1985. Program Studi Teknik Elektro S-1 terakreditasi “A” berdasarkan  SK Nomor : 1158/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018 tanggal 2 Mei 2018. Program Studi Teknik Elektro S-1 memiliki 4 konsentrasi atau bidang peminatan, yaitu Teknik Energi Elektrik, Teknik Elektronika, Teknik Komputer,  dan Teknik Telekomunikasi.

 

Teknik Energi Elektrik :

Konsentrasi Teknik Energi Elektrik S-1 membekali mahasiswa dengan kemampuan  teori dan analisis serta memiliki kompetensi dalam bidang Energi Elektrik. Bidang yang dipelajari meliputi sistem tenaga elektrik, konversi tenaga elektrik, transmisi dan distribusi tenaga elektrik, perencanaan, analisis, optimasi dan simulasi sistem tenaga elektrik, kualitas daya,  kendali sistem tenaga elektrik, elektronika daya dan rekayasa pembangkit energi elektrik terbarukan.

Teknik Elektronika :

Konsentrasi Teknik Elektronika S-1 membekali mahasiswa dengan basis kemampuan teori dan analisis di bidang teknologi elektronika. Bidang yang dipelajari meliputi: rekayasa rangkaian elektronika analog dan digital, instrumentasi, otomasi industri, robotika, sistem mikrokontroler dan mikroprosesor, arsitektur sistem komputer dan teknik antarmuka.

Teknik Komputer :

Konsentrasi Teknik Komputer S-1 membekali mahasiswa dengan basis kemampuan teori dan analisis serta ketrampilan praktis dalam bidang teknologi komputer. Bidang yang dipelajari meliputi: arsitektur sistem komputer, sistem operasi, jaringan komputer, basis data, rekayasa perangkat lunak, robotika, sistem mikrokontroler dan mikroprosesor, arsitektur sistem komputer, teknik antarmuka dan sistem multimedia.

Teknik Telekomunikasi

Konsentrasi Teknik Telekomunikasi S-1 membekali mahasiswa dengan basis kemampuan teori dan analisis dalam bidang teknologi Telekomunikasi. Bidang yang dipelajari meliputi: teknik sistem komunikasi, transmisi gelombang elektromagnetik, antena dan propagasi, sistem komunikasi bergerak, jaringan satelit, sistem broadcasting dan pengolahan sinyal multimedia.