Simulasi Sistem Tenaga Elektrik

Laboratorium Simulasi Sistem Tenaga Elektrik merupakan salah satu laboratorium yang dimiliki oleh Program Studi Teknik Elektro S-1 Institut Teknologi Nasional Malang. Laboratorium Simulasi Sistem Tenaga Elektrik ini digunakan untuk mahasiswa elektro bidang konsentrasi teknik energi listrik. Secara umum di laboratorium ini mempelajari tentang Analisa Sistem Tenaga Listrik mulai dari listrik dibangkitkan sampai menuju ke konsumen.

Laboratorium Sistem Simulasi Tenaga Elektrik terdapat software pendukung seperti:

  • ETAP (Electrical Transient Analisis Program)
  • PSCAD (Power Sistem Computer Aided Design)

 Praktikum yang dilaksanakan di Laboratorium Sistem Simulasi Tenaga Elektrik adalah:

  1. Praktikum Analisa Sistem Tenaga Elektrik
  2. Praktikum Kualitas Daya Elektrik

Selain praktikum, di Laboratorium Sistem Simulasi Tenaga Elektrik juga digunakan untuk pelatihan Software pendukung Sistem Tenaga Listrik seperti :

  • ETAP (Electrical Transient Analisis Program)
  • PSCAD (Power Sistem Computer Aided Design)

Praktikum Analisa Sistem Tenaga Elektrik

Membahas/mempelajari tentang Perencanaan, pendesainan, dan pengoperasian sistem tenaga memerlukan studi-studi teknik yang dilakukan untuk mengevaluasi sistem yang telah terpasang maupun sistem dengan performansi-performansi tertentu yang hendak dicapai, termasuk performansi pada segi keandalan, pada segi keamanan, dan pada segi ekonomis. Studi-studi disusun dan dilakukan terutama adalah sebagai cara yang paling efisien dan paling hemat biaya untuk memperhitungkan dan mencegah terjadinya hal-hal negatif yang tidak diinginkan di dalam sistem. Pada tahap desain, studi dilakukan untuk mengidentifikasi dan menghindari kekurangankekurangan yang potensial terjadi pada sistem, sebelum sistemnya sendiri benar-benar dioperasikan. Analisis pada sistem terpasang dilakukan untuk melacak penyebab-penyebab kegagalan operasi pada peralatan dan operasi yang salah pada sistem, kemudian koreksi-koreksi yang perlu dilakukan untuk kemudian memperbaiki performansi sistem.

Materi praktikum meliputi:

  • Analisa Load Flow, untuk mengetahui nilai aliran daya, nilai arus, dan nilai tegangan mulai dari pembangkit sampai beban melalui saluran transmisi dan distribusi
  • Analisa Short Circuit, untuk mengetahui besar arus-arus yang mengalir melalui saluran-saluran pada sistem tenaga di dalam interval waktu tertentu ketika sebuah gangguan hubung singkat terjadi
  • Analisa Starting Motor, untuk mengetahui besar nilai arus start awal dengan pengasutan maupun tanpa pengasutan
  • Analisis Kestabilan Peralihan, yaitu kemampuan sebuah sistem untuk bertahan dalam keadaan sinkron
  • Analisis Koordinasi Relay, untuk mengetahui baik/tidaknya proteksi (pengaman) pada sistem tenaga

Software Untuk Praktikum Analisa Sistem Tenaga Listrik

Software Untuk Praktikum Analisa Sistem Tenaga Elektrik

Praktikum Analisa Sistem Tenaga Elektrik

Praktikum Analisa Sistem Tenaga Elektrik

Praktikum Kualitas Daya Elektrik

Mempelajari dan memahami permasalahan kualitas daya elektrik, serta mampu mengatasi permasalahan yang muncul akibat gangguan-gangguan yang mempengaruhi kualitas daya elektrik.

Materi Kualitas Daya Elektrik meliputi : pengenalan kualitas daya elektrik, definisi, tegangan sag dan interupsi, transient tegangan lebih, dasar harmonisa, penerapan harmonisa, variasi tegangan dura si panjang, pembangkitan terdistribusi dan kualitas.

Dalam melaksanakan praktikum kualitas daya elektrik menggunakan software pendukung PSCAD.

Materi praktikum meliputi:

  • Short Circuit Simulation
  • Kompensasi Daya Reaktif
  • Harmonisa
  • Power Quality

Software Untuk Praktikum Kualitas Daya Elektrik

Software Untuk Praktikum Kualitas Daya Elektrik

Praktikum Kualitas Daya Elektrik

Praktikum Kualitas Daya Elektrik

Pelatihan ETAP

Dalam perancangan dan analisa sebuah sistem tenaga listrik, sebuah software aplikasi sangat dibutuhkan untuk merepresentasikan kondisi real sebelum sebuah sistem direalisasikan. ETAP (Electric Transient and Analysis Program) merupakan salah satu software aplikasi yang digunakan untuk mensimulasikan sistem tenaga listrik.

ETAP mampu bekerja dalam keadaan offline untuk simulasi tenaga listrik, dan online untuk pengelolaan data real-time atau digunakan untuk mengendalikan sistem secara real-time. Fitur yang terdapat di dalamnya pun bermacam-macam antara lain fitur yang digunakan untuk menganalisa pembangkitan tenaga listrik, sistem transmisi maupun sistem distribusi tenaga listrik.

Pelatihan PSCAD

PSCAD (Power System Computer Aided Design) merupakan software yang mendukung simulasi, desain dan verifikasi semua tipe system tenaga listrik. Software ini memberikan fasilitas untuk studi dan analisis dalam bidang elektronika daya, kualitas daya, proteksi dan perencanaan peralatan yang mendukung kinerja system tenaga listrik. Dibandingkan dengan software lain dengan tujuan yang sama, PSCAD memiliki kecepatan dan akurasi yang lebih baik serta lebih mudah digunakan.

PSCAD juga dikenal dengan nama PSCAD®/ EMTDCTM karena EMTDCTM merupakan bagian fungsi simulasi yang terintegrasi dengan PSCAD® untuk mendukung fungsi tampilan grafis PSCAD. Dengan adanya fasilitas EMTDC, software ini sangat sesuai untuk mendesain simulasi suatu system tenaga listrik beserta system kontrolnya secara online berdasarkan rentang waktu tertentu(time domain instantaneous response). Fungsi desain, analisis dan tampilan grafis untuk suatu system tenaga listrik yang akan dianalisa dapat ditampilkan dalam suatu paket dengan dilengkapi fasilitas kontrol unit, meter dan online plotting grafis yang interaktif. Dengan kemampuannya ini, software PSCAD/ EMTDC sudah digunakan dalam bidang manufaktur, penelitian dan konsultan sebagai alat analisa yang utama.

Surat Ijin Mengikuti Seminar Hasil dan Ujian Skripsi

Bagi Mahasiswa yang akan melaksanakan Seminar Hasil dan Ujian Skirpsi Surat ijin mengikuti Seminar ...

Pembekalan Team Inti Kontes Robot Indonesia 2018

Program Studi Teknik Elektro S1 Institut Teknologi Nasional Malang mengadakan Pembekalan Team Inti ...

Seminar Hasil Skripsi

Seminar Hasil Skripsi tahun akademik ganjil 2017/2018 akan diselenggarakan pada bulan Januari 2018 ...

Workshop E-Journal dan E-Learning

Program Studi Teknik Elektro S1 Institut Teknologi Nasional Malang mengadakan workshop E-Journal ...

Arsip Perbulan

PENGUNJUNG

012646
Users Today : 60
Users Yesterday : 87
This Month : 1296
This Year : 1296
Total Users : 12646
Views Today : 154
Total views : 62910
Who's Online : 2