Webinar “Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai Solusi Energi Masa Depan”

Energi Baru Terbarukan atau biasa disingkat EBT merupakan energi yang diperoleh dari proses alam yang dapat diisi ulang secara berkelanjutan, serta diproduksi tanpa menunggu waktu ratusan/jutaan tahun. Melihat perkembangannya yang semakin hari semakin dibutuhkan, maka diadakan webinar dengan tema “Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai Solusi Energi Masa Depan” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Januari 2021. Acara tersebut diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro S-1 (HME) ITN Malang menggunakan Platform Zoom yang diisi oleh 3 orang pemateri, yaitu:

  1. Daud Hadi Winarto, S.T.
  2. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE
  3. Ir. Widodo Pudji Muljanto, M.T.

Webinar ini bertujuan untuk mengetahui potensi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan, serta menjadi pendukung utama pembangunan energi terbarukan di masa yang akan datang. Acara dibuka pada pukul 08.00 WIB, lihat Gambar 1 dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian diisi oleh sambutan dari Bapak Dr. Eng. I Komang Somawirata, S.T., M.T., selaku Ketua Program Studi Teknik Elektro S-1 ITN Malang dan disusul sambutan oleh Ketua Pelaksana Acara Webinar.

Pukul 08.26 acara memasuki sesi materi pertama yang dibersamai oleh Bapak Daud Hadi Winarto, S.T., beliau menyampaikan materi tentang rencana kerjasama PT. Wijaya Karya dengan kampus-kampus di Indonesia, khususnya kampus ITN Malang, dalam bidang EBT terutama energi dari cahaya matahari. Kerjasama tersebut bertujuan untuk menyokong ketahanan energi di Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua oleh Bapak Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE., beliau menyampaikan materi tentang “Potensi EBT dalam Membangun dan Mendukung Ketahanan Energi Nasional”. Materi ketiga disampaikan oleh Bapak Dr. Ir. Widodo Pudji Muljanto, M.T., beliau menyampaikan materi tentang “Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro”.

Setelah pemateri telah selesai menyampaikan materinya, lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada para pemateri lihat Gambar 2, terlihat para peserta sangat antusias dalam bertanya mengenai materi yang disampaikan. Kemudian acara diakhiri dengan sesi pembacaan doa oleh panitia acara webinar pada 10.50 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *